.

Lowongan Kerja Universitas Terbuka

Tjarieloker.blogspot.com - Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. (Baca juga loker sebelumnya: Lowongan Kerja Politeknik Negeri Batam 2015).

Sejarah berdiri Universitas Terbuka diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi dengan cara tatap muka.

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

UT memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat. Empat fakultas tersebut adalah:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Fakultas Ekonomi management
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Logo Universitas Terbuka

Credit: Universitas Terbuka

Batas Lamaran: 21 September 2015

Universitas Terbuka saat ini kembali membuka beberapa posisi dengan kualifikasi sebagai berikut:

PENERIMAAN CALON TENAGA KONTRAK TAHUNAN

Universitas Terbuka akan menerima Calon Tenaga Kontrak Tahunan untuk ditempatkan di Kantor UPBJJ-UT seluruh Indonesia, dengan rincian sebagai berikut:
No Tingkat Pend. Kualifikasi Akademik Formasi Kode Jumlah IPK Min. Penempatan
1 S1/D3 Komunikasi, Psikologi, Sastra Front Desk FRONT Terlampir 2,75 UPBJJ-UT
  1. Pendaftaran
    • Waktu
      Penerimaan pendaftaran 1 s/d 21 September 2015
    • Tempat pengiriman berkas
      Berkas lamaran dapat diantar langsung atau dikirim melalui Kantor Pos (cap pos) ditujukan kepada
      Rektor Universitas Terbuka melalui Kepala UPBJJ-UT setempat (terlampir)
      hari/tanggal Senin, 21 September 2015 (cap pos) Pukul 15.00 waktu setempat
      .
    • Persyaratan:
      1. Usia setinggi-tingginya 35 tahun pada 31 Desember 2015.
      2. Ijazah terakreditasi minimal B sesuai tahun kelulusan.
      3. Berpenampilan menarik, rapi, sopan, dan ramah.
      4. Berwawasan luas dan kreatif.
      5. Sanggup bekerja diluar jam kantor.
      6. Mampu bekerja keras bersama tim.
      7. Memiliki kemampuan manajemen organisasi.
    • Kelengkapan
      Berkas lamaran menggunakan map berwarna Merah
      dibuat rangkap 2 (dua) dan disusun sebagai berikut :
  1. Empat (4) lembar pas photo berwarna Merah terbaru ukuran 3 x 4 cm, pada bagian belakang ditulis nama dan dimasukkan ke dalam kantong plastik.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  3. Surat Lamaran memakai kertas folio bergaris yang ditulis tangan dengan huruf latin menggunakan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar, ditujukan kepada Rektor Universitas Terbuka, melalui Kepala UPBJJ-UT setempat (terlampir), tanpa materai.
  4. Satu (1) lembar fotokopi Ijazah pelamar kualifikasi akademik S1 atau pelamar kualifikasi akademik DIII, serta transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan dan telah disahkan oleh Pejabat yang berwenang (legalisir) dengan cap dan tanda tangan asli (bukan hasil print out scanner). Tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan yang menyatakan bahwa belum diwisuda. Legalisir ijazah harus dilakukan oleh pejabat yang berwenang
    • Untuk lulusan universitas/institut disahkan oleh pejabat yang berwenang (Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik).
    • Untuk lulusan Sekolah Tinggi disahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik.
    • Untuk lulusan luar negeri, harus telah terakreditasi Ditjen Dikti Kemdikbud.
    • Surat Keterangan Lulus tidak dapat digunakan untuk melamar.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan pihak yang berwajib/POLRI tempat domisili pelamar yang masih berlaku.
  6. Surat Keterangan Kesehatan yang masih berlaku dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Pemerintah Daerah.
  7. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang masih berlaku, dengan catatan:
    • dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah;
    • isinya berdasarkan pemeriksaan laboratorium tes urine yang bersangkutan negatif terhadap narkotika;
    • ditandatangani oleh dokter/(Kepala/petugas laboratorium, Kasatreskrim Kepolisian yang bukan dokter tidak diperkenankan).
  8. Melampirkan Surat Pernyataan sanggup ditempatkan sesuai dengan formasi penempatan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Format surat pernyataan dapat dilihat di laman www.ut.ac.id dan website UPBJJ-UT setempat pada bagian pengumuman terkait.
  9. Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) dengan huruf KAPITAL/BALOK dengan tinta hitam, lembar pertama kanan atas ditempel pas photo. Format DRH dapat dilihat di laman www.ut.ac.id dan website UPBJJ-UT setempat pada bagian pengumuman terkait.
  10. Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat usia, kualifikasi pendidikan, tidak lengkap, dan tidak urut sebagaimana uraian di atas dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi.
  1. Pengumuman lulus seleksi administrasi
    Hari/tanggal: Selasa, 29 September 2015
    Tempat: Kantor UPBJJ-UT atau pada website UPBJJ-UT setempat (terlampir).
  1. Pelaksanaan Ujian/Seleksi Tes Tertulis dan Wawancara
    • Waktu/Tempat
      Hari/tanggal: Senin dan Selasa, 5-6 Oktober 2015
      Waktu: 08.00 s.d. selesai (waktu setempat)
      Tempat: Kantor UPBJJ-UT setempat
    • Kelengkapan yang dibawa pada saat tes: kartu tanda peserta, ballpoint, pensil 2B, karet penghapus, rautan pensil, papan alas untuk menulis.
    • Pelamar yang datang terlambat 15 menit tidak diperbolehkan memasuki ruang tes dan/atau mengikuti tes.
  1. Pengumuman Hasil Ujian
    Pengumuman kelulusan Senin, 26 Oktober 2015 di laman www.ut.ac.id dan website UPBJJ-UT setempat.
  1. Lain-lain
    Pelamar tidak dipungut biaya penyelenggaraan.
Lampiran:
Demikian informasi Lowongan Kerja Universitas Terbuka Terbaru September 2015 yang dapat kami sampaikan kepada Anda yang sedang mencari pekerjaan. Harapan kami anda diterima dan lulus seleksi sehingga menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Amin