.

Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia

Lowongan Kerja Kereta Api Indonesia (Persero) Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang besar, terdiri dari banyak pulau namun bisa menyatu dalam sebuah Kesatuan Negara Republik Indonesia.

Apa rahasia dibalik itu semua? tak dipungkiri bahwa alat transportasi memiliki peranan penting sebagai penghubung diantara satu pulau ke pulau lainnya, sehingga walau laut yang memisahkan tidak menjadi penghalang untuk saling berkomunikasi.

Tidak mau kalah, di daratpun demikian, dengan alat transportasi warga daerah yang satu bisa bersosialisasi dengan penduduk daerah lainnya. Maka boleh dikatakan jarak bukan menjadi hambatan dan halangan untuk melakukan perjalanan.

Dari penjelasan diatas mengapa alat transportasi begitu penting. Terlebih menjelang hari libur menyambut perayaan keagamaan seperti mudik contohnya.

Alat transportasi pun dibagi dalam beberapa jenis dari sisi pemakaiannya. Untuk di udara kita mengenal adanya pesawat terbang (seperti Citilink Indonesia, Garuda, Merpati, Lion Air) di laut ada kapal dan didarat ada motor, mobil dan kereta api.

Berbicara transportasi darat khususnya kereta api adalah salah satu alat transportasi yang di gemari oleh banyak orang. Sekali jalan bisa menampung ratusan jiwa, alasannya selain murah juga cepat sampai tanpa terkendala oleh kemacetan jalan.

Dan satu-satunya perusahaan transportasi kereta api di Indonesia adalah PT Kereta Api Indonesia yang dimiliki, dioperasikan oleh pemerintah indonesia langsung melalaui apa yang disebut dengan perusahaan BUMN.

Profile dan Sejarah PT Kereta Api Indonesia
Sejarah perkembangan transportasi kereta api di indonesia tidak lepas dari adanya penjajahan di Indonesia yang dilakukan oleh Belanda pada masa itu. Setelah merdeka segala macam inventaris Belanda direbut dan dikuasai oleh Indonesia.

Dari kisah diatas dimulailah sejarah panjang PT Kereta Api Indonesia (Persero) disingkat dengan KAI atau PT KAI adalah BUMN yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api meliputi angkutan penumpang dan barang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) didirikan pada tanggal 28 September 1945 dengan nama Djawatan Kereta Api (DKA).

Nama DKA pun diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA) pada 25 Mei 1963. PNKA kemudian memasukkan operator lainnya, seperti Deli Spoorweg Maatschappij yang masih independen sehingga kereta api di Indonesia hanya memiliki satu operator.

Pada tanggal 1 Juni 1967 PNKA mengoperasikan kereta api Bima rute Gambir-Surabaya Gubeng pp. Kereta ini menggunakan rangkaian gerbong berwarna biru dan merupakan kereta api pertama dengan sistem AC berfreon di Indonesia.

Pada tanggal 15 September 1971, nama PNKA berubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA, Perjanka) selama dekade 1970-an hingga awal dekade 1990-an. Pada masa itu, PJKA terus mengalami kerugian akibat kalah bersaing dengan mobil pribadi, angkutan umum, maupun pesawat terbang.

Pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka). Pada masa ini, kerugian-kerugian seperti yang dialami PJKA pada beberapa tahun yang lalu dapat ditekan. Seluruh pegawainya masih berstatus PNS yang diatur tersendiri dan diperbolehkan mencari laba.

Akhirnya, pada tanggal 1 Juni 1999 Perumka secara resmi berubah menjadi PT Kereta Api (Persero (PT KA).

Pada tanggal 28 September 2011, logo PT KAI berganti. Transformasi lain yang terletak pada sistem pertiketan. Tiket yang semula hanya bisa dipesan di stasiun keberangkatan, kini sudah dipesan di minimarket dan agen-agen tiket. Yang lebih hebatnya lagi, muncul sistem boarding pass yang mengharuskan penumpang membawa bukti identitas diri. Selain itu, pengelolaan stasiun kini sangat bagus. Semua kereta api jarak menengah maupun jauh telah dipasangi AC. Digitalisasi lokomotif di Indonesia terus maju sejak CC205 dan CC206 diimpor untuk memperkuat armada PT KAI saat ini.

Logo PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Loker PT Kereta Api Indonesia (Persero) 2016 saat ini kembali membuka  untuk beberapa posisi dengan kualifikasi sebagai berikut:


Customer Service PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Requirements:
  • Maximum age of 26 years old.
  • Single/not married.
  • ◦Minimum height.
  • ◦Male : 165 cm.
  • Female : 160 cm.
  • Graduated from D3 or S1 in any field with GPA min. 2.95 within 4.00 scales (accredited A/B).
  • Active in English language. 

Application should contains the below documents:
  • Application letter;
  • Curiculum Vitae (CV);
  • Copies of latest diploma, transcript and accreditation certificate;
  • Unmarried certificate from the local village office.

              Cara Melamar:
              Segera kirimkan berkas lamaran anda (lihat atas) pada alamat berikut:

              PT Kereta Api Indonesia (Persero)
              DAOP 1 Jakarta Unit Pelayanan Stasiun Cikini
              Jl. Pegangsaan Timur, Menteng, Jakarta Pusat 10330
              Batas Lamaran : 15 Januari 2016